Apa Penyebab Terjadinya Website Di Blokir Facebook

hmm Kenapa Facebook sampai memblokir atau menandai website yang kita share bahkan yang kita miliki sebagai spam ? Banyak sekali faktor yang bisa saja menjadi pengaruh nya.

Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook adalah media sosial paling populer hingga sampai saat ini, banyak sekali website baru yang tercipta bahkan sampai detik ini pun pasti saja ada website baru yang sedang di share ke Facebook,

Facebook sendiri memiliki bot yang bertugas menjaga lalu lintas sharing website di Facebook, untuk menghindari website penipuan, narkoba, dan berbagai hal lain yang mengancam keseimbangan ekosistem Facebook itu sendiri. Banyak penyebab yang bisa membuat website kamu di anggap spam maupun di block.

Lalu kamu harus mengerti bagaimana cara bot Facebook tersebut bekerja. Setelah baca baca sana sini dan hasil riset gw selama 5 tahun memakai Facebook dan mengshare website gw di situ, akhirnya mungkin gw memahami bagaimana bot Facebook ini bekerja.

Pertama Sensitif Pada Fresh Domain

Fresh domain disini berlaku pada domain yang baru saja di registrasikan pada suatu registrar domain, ya kenapa bot bisa sampe se sensitif ini pada domain yang baru aja keluar dari panggangan? untuk menghindari hal hal di atas penipuan dan melanggar aturan Facebook.

Contoh website dengan fresh domain

website di atas adalah website seorang client Yang sedang berdiskusi soal websitenya yg terkena blokir Facebook.

Terkecuali untuk TLD seperi .com .net .org domain Yang popular Aja untuk ekstensi yang baru saja keluar atau diskon nan dan kamu tergiur untuk membelinya, sebaiknya pikir dua kali ekstensi baru itu sangat sekali rentan spam karena bot Facebook baru mengenali ekstensi tersebut lalu berujung blokir deh nanti jadinya.

IP address hosting kamu.

Selain domain Fresh, IP address adalah pengaruh yang sangat tinggi saat ini. Jadi kalo kamu membeli sebuah hosting dan mendapatkan IP shared Dan jika salah satu pengguna shared hosting melakukan spam maka kamu akan kena dampaknya juga, jika kamu menggunakan DNS Google untuk blogger belilah domain dengan kepopuleran yang tinggi misal .com .net .org. IP address sendiri memiliki faktor yang sangat berpengaruh dalam bagaimana google atau situs-situs scan maleware menanggapi website dengan IP address yang spam rate nya tinggi. Yang pasti di tanggapi nya jelek lah begitu juga dengan bot Facebook.

Bagaimana untuk menghindari nya?

Untuk menghindari atau di cap spam oleh Facebook hal yang kamu lakukan ialah.

  1. Jangan Terlalu sering membagikan link url website kamu
  2. Jangan gunakan IP address yang di gunakan banyak orang.
  3. Veritivikasi kepemilikan domain

Ya jangan terlalu agresif saat membagikan link url website kamu, tapi hal ini tidak dapat di hindari jika IP address kamu sudah di cap spam duluan.

Ya jika kamu beli shared hosting kamu bisa memakai pihak ketiga untuk menyembunyikan IP address asli kamu dengan cdn, tapi jangan cdn dari Cloudflare. Cdn gratisan yang di cloudflare di pakai banyak orang kita tidak tau yang memakai siapa aja dan untuk apa. Kamu bisa memakai cdn dari quic.cloud untuk menutupi nya, tutorialnya ada disini

Veritivikasi kepemilikan domain, sejauh ini cara ini yang paling efektif karena dengan kamu memverifikasi ka domain kamu pada Facebook, maka bot nya juga akan mengenal domain kamu dengan lebih baik. Istilahnya seperti teman baik aja ceritanya, kamu hanya perlu membuat sebuah akun bisnis di Facebook developer. nanti tutorial nya akan di buat.

Bagaimana kalau website kamu sudah di blokir duluan oleh Facebook?

Yang bisa kamu lakukan ialah ajukan banding udah gitu aja. Jika kamu dapat respon dari Facebook dalam 7 hari maka domain kamu selamat. Jika Facebook tidak merespon setelah 7 hari jangan berharap tinggi lagi. Belilah ekstensi baru dan jangan lupa lakukan hal di atas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*